Air Terjun “Tiu Kelep”

Air terjun Tiu Kelep terletak di kaki gunung Rinjani , tepat nya di propinsi NTB , pulau lombok bagian tengah utara.Tanggal 25 feb 2010 saya dan ketiga teman saya yang sedang explore lombok selama satu minggu memasukan air terjun ini di jadwal traveling kami.Perjalanan di tempuh 2 jam dari kota mataram ke arah utara , atau 1 jam dari Bangsal gili Trawangan.Sesampai nya di sana, seperti biasa ada banyak guide menawarkan diri untuk mengantar kita ke air terjun, dengan harga yang fantastis pasti nya.Mereka menawarkan Rp 200.000 untuk treking 1 jam, dengan sadis teman saya menawar Rp 50.000 dan akhirnya deal di Rp 60.000 plus membawakan tas kamera dan tripod , seni tawar menawar memang sangat di perlukan di mana-mana.

Di kaki gunung Rinjani ada 2 Air terjun tepat nya, Sendang Gile dan Tiu Kelep .Dua-dua nya berada di lokasi yang sama hanya berbeda jalur treking nya.Sendang Gile dapat di tempuh tanpa guide karena jalur nya sudah di buat dengan tangga yang tak terhitung jumlah nya.Tiu Kelep sebenar nya juga bisa kalau tidak pakai guide,hanya karena bawaan salah satu teman kita banyak jadi kita pakai guide.

Treking kita di awali oleh tangga yang berlumut dan curam dengan hutan hujan tropis yang sangat lebat.Udara yang sejuk membuat perjalanan kita tidak begitu berat.Setelah melewati tangga kita belok ke kanan karena kalau terus ke Sendang Gile .Kita akan menerobos hijau nya hutan yang benar-benar membuat saya kagum.Pohon-pohon nya seperti di tata dengan rapih oleh manusia, terkesan berada di dunia “Avatar” .Di tambah dengan jembatan setinggi 50 meteran  yang di gabung dengan irigasi,seakan-akan kita jalan di atas air.Lalu kita akan membelah sungai yang arus nya cukup deras,yang pasti air nya jernih se jernih-jernih nya sehingga orang yang melihat langsung mencicipi kesegaran nya,serasa air meneral botolan yang baru di keluarkan dari lemari es.Suara air terjun nya sudah terdengar begitu kita sampai di bibir sungai.Hanya selangkah lagi kami sampai air terjun Tiu Kelep.

First Impression saya ketika melihat Tiu Kelep adalah “WOW!!” , ternyata ada yang lebih bagus dari Curug Malela . Hijau nya daun di gabung dengan jernih nya air yang jatuh seperti tirai plus sejuk dan segar nya udara yang jauh dari polusi.Karena kami bawa kamera jadi tidak bisa main-main air atau berenang.Masing-masing sibuk cari posisi motret yang pas,pasang tripod,ngelapin kamera yang basah kuyup terkena percikan air,semua sibuk!.Kurang lebih satu jam kita berada di Tiu Kelep.

Perjalanan belum selesai sampai Tiu Kelep,karena masih ada bonus Sendang Gile di bawah yang masih menunggu.Sama dengan jalur sebelum nya,setelah sampai tangga yang di awal tadi, kita lanjut lagi turun ke bawah.Hanya beberapa anak tangga saja kita sudah sampai di Sendang Gile. Tidak seindah Tiu Kelep, tapi worth to visit untuk beberapa foto dan istirahat sejenak.

***

Perjalanan pulang serasa sangat berat di karenakan harus mendaki anak tangga yang sangat banya.Kaki sampai gemetar,keringat mengucur seperti air terjun,nafas terengah-engah.Pendakian 20 menit serasa  lari 3 jam jakarata-bandung.

how to get there:

  • dari jakarta: batavia air, lion air,garuda
  • dari surabaya: merpati,lion air,batavia air
  • dari bali: riau airlines, lion air
  • dari mataram: kendaraan pribadi mobil or motor

Tips:

  • jangan bawa bawaan terlalu banyak
  • kalau ada rombongan lain yang ke sana,bareng aja jadi jangan sewa guide

Berikut foto-foto hasil hunting di sana

tiu kelep

membelah sungai tiu kelep

sungai crystal clear

Tangga ke jembatan

sendang Gile

ini pengantin nya TIU KELEP

    • zuper piki
    • March 6th, 2010

    nice pict gan…dulu aq gak sempet mampir ke sendang gile atau tiu kelep..saya naek rinjani (kesannya kayak naek angkot aja) dari desa sembalun (lombok timur) turun di senaru (lombok barat) jalur sendang gile….total 6 hari…
    nice poto gan…….

      • mustofawalker
      • March 7th, 2010

      thx atas tambahan angkutan nya , next saya rencana nya mau ke rinjani nya

    • elvi
    • March 12th, 2010

    asik jalan2nya🙂

    waktu itu kayaknya ada schedule deh mo jalan2 kemana-mana aja. lupa, liat disini atau di tumblr, tp skrg aku gak nemu lagi.

    april mau ke kiluan? klo tertarik boleh ikutan dafftar?
    hehehe…abis sepertinya asik sih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: